Assalamualaikum wr.wb
Saya Akan Mempostingkan Program Menentukan Jumlah Bilangan Positif Dan Negatif, sesuai dengan soal yang diberikan.
Dalam Postingan Ini Terdapat Coding , ScreenShot,link Download file Class,file NetBeans(Project).rar,file JAR dan Penjelasan Coding.
ok kita langsung simak saja.
dibawah ini adalah Coding class Soalganjil:
/* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */ package soalganjil; import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; /** * * @author laptop */ public class Soalganjil { public static void main(String[] args) { //instansiasi class hasil hasil hsl = new hasil(); //mendeklarasikan variable dengan tipe data string String jumbil,bil,bilanganke; //mendeklarasikan variable dengan tipe data int int jumbilangan,bilangan,n; //instansiasi penggunaan class library untuk input BufferedReader buff = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); try { System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukkan : "); //menginput jumlah bilangan dengan variabel jumbil jumbil=buff.readLine(); //mengkonversi jumbil dengan perintah parse sehingga variabel berubah menjadi jumbilangan jumbilangan=Integer.parseInt(jumbil); for(n=0; n < jumbilangan; n++) { System.out.print("Bilangan ke "+(n+1)+":"); //menginput bilangan dengan variabel bil bil=buff.readLine(); //mengkonversi bil dengan perintah parse sehingga variabel berubah menjadi bilangan bilangan=Integer.parseInt(bil); //menyeleksi bilangan yang masuk dengan method seleksibil() bilanganke = hsl.seleksibil( bilangan ); //menjumlahkan jumlah bilangan positif dan negatif dengan method jumbilangan_P_dan_N_() hsl.jumbilangan_P_dan_N_( bilanganke ); } } catch (IOException ex) { System.out.println("Error"); } //menampilkan jumlah bilangan positif dan negatif dengan method hasil() hsl.hasil(); } }Apabila Anda Ingin Mendownload File Soalganjil.class, Silahkan Klik Gambar di bawah ini:
dibawah ini adalah Coding class hasil:
/* * To change this template, choose Tools | Templates * and open the template in the editor. */ package soalganjil; /** * * @author laptop */ public class hasil { //mendeklarasikan variable dengan tipe data int sekaligus menginisialisasi int positif=0, negatif=0; //membuat fungsi menyeleksi bilangan apakah positif atau negatif String seleksibil( int bilangan ) { if(bilangan > 0 || bilangan == 0) { return "P"; } else { return "N"; } } //membuat method untuk menjumlah jumlah bilangan positif dan negatif public void jumbilangan_P_dan_N_( String bilanganke ) { if("P".equals(bilanganke)) { positif++; } else if("N".equals(bilanganke)) { negatif++; } } //membuat method untuk menampilkan hasil jumlah bilangan positif dan negatif public void hasil() { System.out.println("Jumlah Bilangan Positif : " + positif); System.out.println("Jumlah Bilangan Negatif : " + negatif); } }Apabila Anda Ingin Mendownload File hasil.class, Silahkan Klik Gambar di bawah ini:
Apabila Anda Ingin Mendownload File Soalganjil.JAR, Silahkan Klik Gambar di bawah ini:
Screen Shot Dengan CMD:
Screen Shot Dengan NetBeans:Penjelasan Coding:
Berikutnya penjelasan setiap baris dari coding tersebut:
import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader;
Menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader
dan IOException
yang berada di java.io package. Java Application Programming
Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan
sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class
tersebut dikumpulkan di dalam packages.
selanjutnya instansiasi,
Kita membuat objek dari kelas dengan cara instansiasi. Objek yang
akan diciptakan nantilah yang akan menjadi acuan utama dalam pemrograman
berorientasi objek (OOP).Bentuk umum instansiasi:
< nama_kelas > < objek > = new < konstruktor >();instansiasi seperti di bawah ini:
hasil hsl = new hasil();menjelaskan bahwa kita mengambil dari class hasil dan membuat objek baru yang bernama hsl.
setelah instansiasi lalu kita mendeklarasikan variable-variable,
String jumbil,bil,bilanganke; int jumbilangan,bilangan,n;menjelaskan bahwa variable jumbil,bil,bilanganke bertipe data String dan variable jumbilangan,bilangan,n bertipe data int(integer).
Sekarang kita menginput dari keyboard menggunakan bufferedreader,lalu ketik seperti di bawah ini:
BufferedReader buff = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); try { System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukkan : "); jumbil=buff.readLine(); jumbilangan=Integer.parseInt(jumbil); for(n=0; n < jumbilangan; n++) { System.out.print("Bilangan ke "+(n+1)+":"); bil=buff.readLine(); bilangan=Integer.parseInt(bil); bilanganke = hsl.seleksibil( bilangan ); hsl.jumbilangan_P_dan_N_( bilanganke ); } } catch (IOException ex) { System.out.println("Error"); } hsl.hasil(); } }pada coding di atas menjelaskan bahwa,sewaktu memasukkan jumlah bilangan yaitu 5,maka akan
masuk ke variabel jumbil,dan dari variable jumbil,di konversikan dari String menjadi Integer,dengan
perintah parsen dan menjadi variable jumbilangan. setelah memasukkan jumlah bilangan yaitu 5 sekarang kita masuk ke proses looping atau pengulangan jika n samadengan 0, n lebih kecil dari jumbilangan(jumbilangan=5), n++.dan memang benar 0 < 5 maka masuk dan menanyakan bilangan ke 1 mengapa ke satu karena,
System.out.print("Bilangan ke "+(n+1)+":");terdapat (n+1) ,n=0 jadi (0+1) =1 maka yang akan tampil di layar bilangan ke 1.lalu kita masukkan
bilangan ke 1 misalnya 5 masuk ke proses:
bil=buff.readLine(); bilangan=Integer.parseInt(bil);menjelaskan masuk terlebih dahulu ke variable bil lalu di konversikan dari String ke Integer,dengan perintah paesen dan menjadi variable bilangan. setelah memasukkan bilangan ke 1 adalah 5 maka masuk ke proses selanjutnya yaitu:
bilanganke = hsl.seleksibil( bilangan );artinya kita terlebih dahulu menyeleksi,bilangan tersebut positif atau negatif dari method seleksibil, yang berada di class hasil. karena tadi sudah di instansiasi menjadi hsl.
String seleksibil( int bilangan ) { if(bilangan > 0 || bilangan == 0) { return "P"; } else { return "N"; } }dalam coding di atas saya tadi memasukkan 5 maka jika bilangan lebih besar dari 0 atau bilangan samadengan 0 maka return P jika tidak return N. lalu kita coba 5.jika 5 > 0 || 5 == 0 maka return P. dan apabila kita memasukkan -1 maka akan masuk ke return N. selanjutnya masuk ke proses menjumlahkan bilangan positif dan negatif:
hsl.jumbilangan_P_dan_N_( bilanganke );kita akan memanggil method jumbilangan_P_dan_N_ dari class hasil, maaf nama methodnya alay.
int positif=0, negatif=0; public void jumbilangan_P_dan_N_( String bilanganke ) { if("P".equals(bilanganke)) { positif++; } else if("N".equals(bilanganke)) { negatif++; } }setelah menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif maka akan di tanyakan bilangan ke 2 proses sama seperti tadi tetapi yang membedakan dalam menginput kalau misalnya kita memasukkan -1 maka akan di hitung bilangan negatif.
yang terakhir adalah menampilkan berapa saja jumlah bilangan positif dan negatif dalam class Soalganjil terdapat,
hsl.hasil();artinya kita mengambil method yang berada di class hasil, method itu bernama hasil.
public void hasil() { System.out.println("Jumlah Bilangan Positif : " + positif); System.out.println("Jumlah Bilangan Negatif : " + negatif); }maka apabila program di jalankan akan menjadi seperti ini:
link DOWNLOAD
file Soalganjil.class KLIKfile hasil.class KLIK
file Soalganjil.JAR KLIK
file Netbeans(Project).rar KLIK
Sekian penjelasan dari saya.mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan dan penjelasan,karena Anda tidak akan pernah mencapai sukses yang sungguh-sungguh jika anda tidak mencintai apa yang sedang anda lakukan.
apabila terdapat kesalahan mohon beritahu saya lewat komen. Terima Kasih..
0 komentar: