twitter


A Pengertian Package
Package adalah mengelompokkan kelas-kelas yang saling berelasi dan interfaces yang memberikan proteksi terhadap access kelas yang tidak boleh diakses oleh kelas lain karena tidak berelasi,dan manajemen nama. Packages tidak lebih dari sekedar cara untuk mengorganisir file kedalam direktori yang berbeda berdasarkan fungsionalitas dan kegunaannya. Packaging membantu kita untuk menghindari terjadinya collision ketika kita menggunakan nama kelas yang sama dengan yang sudah ada. Packaging juga membantu programmer dalam mencari dan menggunakan nama kelas dan mengontrol akses.
B Package – package dalam Java
  1. Package java.applet
Menyediakan kelas yang diperlukan untuk membuat applet dan kelas applet digunakan untuk berkomunikasi dengan konteks applet nya. Kerangka applet melibatkan dua entitas: applet applet dan konteks. applet adalah suatu jendela embeddable dengan beberapa metode tambahan bahwa konteks applet dapat digunakan untuk menginisialisasi, mulai, dan menghentikan applet. Konteks applet adalah sebuah aplikasi yang bertanggung jawab untuk loading dan menjalankan applet. Misalnya, konteks applet bisa Web browser atau lingkungan pengembangan applet.
  1. Package java.awt
Berisi semua kelas untuk membuat antarmuka pengguna grafis dan untuk lukisan dan gambar. A user interface obyek seperti tombol atau scrollbar disebut, dalam terminologi AWT, komponen. Kelas Komponen adalah akar dari semua komponen AWT. Lihat Komponen untuk penjelasan rinci mengenai properti yang semua komponen AWT saham. Beberapa komponen kegiatan api ketika user berinteraksi dengan komponen. Kelas AWTEvent dan subclass perusahaan digunakan untuk mewakili peristiwa yang komponen AWT dapat api. Lihat AWTEvent untuk deskripsi dari model acara AWT. kontainer adalah komponen yang dapat berisi komponen dan kemasan lainnya. Sebuah kontainer juga dapat memiliki manajer layout yang mengontrol penempatan komponen visual dalam wadah. Paket AWT berisi beberapa kelas manajer layout dan interface untuk membangun tata letak manajer kita sendiri. Lihat Kontainer dan LayoutManager untuk informasi lebih lanjut.
  1. Package java.awt.color
Menyediakan kelas untuk ruang warna. Ini mengandung sebuah implementasi ruang warna berdasarkan Konsorsium Warna Internasional (ICC) Profil Spesifikasi Format, Versi 3,4, 15 Agustus 1997. Hal ini juga berisi profil warna berdasarkan ICC Profil Spesifikasi Format.
  1. Package java.awt.datatransfer
Menyediakan antarmuka dan kelas untuk mentransfer data antara dan di dalam aplikasi. Yang berarti objek “dipindahtangankan”, dimana objek tersebut akan ditransfer antara atau dalam aplikasi. Sebuah objek mengidentifikasi dirinya sebagai yang dipindahkan dengan mengimplementasikan antarmuka dipindahtangankan. Package ini juga menyediakan mekanisme clipboard, yang merupakan objek yang sementara memegang data yang akan dipindahkan yang kemudian ditransfer dalam aplikasi. clipboard ini biasanya digunakan untuk operasi copy dan paste. Meskipun mungkin untuk menciptakan clipboard untuk digunakan dalam suatu aplikasi, aplikasi yang menggunakan clipboard sistem untuk memastikan data dapat ditransfer di seluruh aplikasi yang berjalan pada platform.

  1. Package java.awt.dnd
Drag dan Drop adalah perlakuan manipulasi langsung yang ditemukan di banyak sistem User Interface Grafis yang menyediakan mekanisme untuk mentransfer informasi antara dua entitas secara logis berhubungan dengan elemen-elemen presentasi di GUI. Biasanya didukung oleh gerakan fisik pengguna manusia menggunakan perangkat input yang sesuai, Drag dan Drop menyediakan baik untuk mengaktifkan mekanisme umpan balik terus-menerus mengenai kemungkinan hasil data transfer berikutnya untuk pengguna selama navigasi atas elemen presentasi di GUI, dan fasilitas untuk transfer data berikutnya. Package ini mendefinisikan kelas-kelas dan interface yang diperlukan untuk melakukan operasi Drag dan Drop di Java. Juga mendefinisikan kelas untuk sumber-drag dan drop-sasaran, serta untuk mentransfer data diseret. Package menyediakan sarana untuk memberikan umpan balik visual kepada pengguna di seluruh durasi Drag dan Drop operasi. A Drag Drop khas dan operasi dapat diuraikan ke dalam negara-negara berikut  (tidak sepenuhnya berurutan):
  • Sebuah DragSource ada, terkait dengan beberapa elemen presentasi (Komponen) di GUI, untuk melakukan Drag dan Drop dari beberapa data yang berpotensi dipindahkan.
  • 1 atau lebih DropTarget (s) masuk ke / keluar dari keberadaan, terkait dengan elemen-elemen presentasi di GUI (Komponen), berpotensi mampu mengkonsumsi tipe data dipindahkan.
  • Sebuah DragGestureRecognizer diperoleh dari DragSource dan berhubungan dengan Komponen dalam rangka untuk melacak dan mengidentifikasi setiap Drag memulai gerakan oleh pengguna melalui Komponen tersebut.
  • Seorang pengguna memberi isyarat atas Komponen, yang terdaftar DragGestureRecognizer untuk mendeteksi, dan memberitahukan DragGestureListener atas. Catatan: Meskipun API ini secara konsisten mengacu pada stimulus untuk operasi drag dan drop menjadi gerakan fisik oleh pengguna manusia, ini tidak menghalangi operasi JG pemrograman didorong diberikan pelaksanaan yang tepat atas suatu DragSource. Package ini berisi kelas abstrak MouseDragGestureRecognizer untuk mengenali gerakan mouse perangkat. subclass abstrak lain mungkin disediakan oleh platform untuk mendukung perangkat input lain atau kelas Komponen semantik tertentu.
  • The DragGestureListener menyebabkan DragSource untuk memulai operasi Drag dan Drop pada nama pengguna, mungkin menjiwai para kursor GUI dan / atau penyerahan suatu  item yang merupakan subjek operasi.
  • Sebagai gerakan pengguna bernavigasi di Komponen di GUI dengan DropTarget terkait, yang menerima pemberitahuan DragSource agar dapat memberikan “Drag Over” efek umpan balik, dan DropTarget menerima pemberitahuan untuk memberikan “Tarik Di bawah” efek umpan balik berdasarkan operasi didukung dan tipe data yang terlibat.
Kejadian ini akan menggerakkan kursor secara logis di hirarki GUI, memotong geometri Komponen GUI, mungkin mengakibatkan kursor “logis” sulit masuk, persimpangan, dan kemudian meninggalkan Komponen dan terkait DropTarget. Objek DragSource memanifestasikan “Drag Over” yang memberikan umpan balik kepada user, dalam kasus yang khas dengan menjiwai kursor GUI yang terkait dengan kursor logis. DropTarget objek yang nyata “Drag Under” memberikan umpan balik kepada pengguna, dalam kasus yang khas, dengan rendering animasi ke dalam mereka yang terkait GUI Component di bawah kursor GUI. Penentuan efek umpan balik, dan keberhasilan atau kegagalan akhir transfer data, harus satu terjadi, adalah parameter sebagai berikut:
  • Dengan transfer “operasi” yang dipilih oleh user, dan didukung baik oleh DragSource dan DropTarget : Copy, Move dan Reference (link).
  • Pada persimpangan dari himpunan tipe data yang disediakan oleh DragSource dan set tipe data dipahami oleh DropTarget.
  • Ketika user mengakhiri operasi Drag, biasanya menghasilkan Drop sukses, baik DragSource dan DropTarget menerima pemberitahuan yang mencakup, dan hasil dalam negosiasi jenis dan transfer, informasi yang terkait dengan DragSource melalui objek dipindahkan.
  1. Package java.awt.event
Menyediakan interface dan kelas untuk memanggil berbagai jenis kegiatan yang ditolak oleh komponen AWT. Kejadian yang ditolak oleh sumber acara. Sebuah event listener register dengan sumber event untuk menerima pemberitahuan tentang peristiwa jenis tertentu. Paket ini mendefinisikan event dan event listener, serta event listeners adapters, yang memberikan kenyamanan pada class untuk mempermudah proses penulisan event listeners.
  1. Package java.awt.font
Menyediakan class dan interface yang berhubungan dengan font. Package ini mendukung berbagai macam type font, mulai dari Type 1, Type 1 Multiple Master Fonts, dan TrueType fonts.
  1. Package java.awt.geom
Menyediakan class Java 2D untuk menampilkan definisi dan operasi pada 2 objek dimensi geometri yang saling berhubungan. Beberapa komponen penting yang terdapat pada package ini yaitu :
  • Class untuk memanipulasi geometri, seperti AffineTransform dan PathIterator interface yang diimplementasikan oleh Shape objects.
  • Class yang menginplementasikan Shape interface, seperti CubicCurve2D, Ellipse2D, Line2D, Rectangle2D, dan GeneralShape.
  • Wilayah class yang menyediakan mekanisme untuk menambah operasi subtract, intersect, dan exclusiveOR  pada Shape objects yang lain.
  1. Package java.awt.im
Menyediakan class dan interface untuk menginput model – model framework. Package ini mempunyai sebuah text editing untuk menerima sebuah text input maupaun input methods. Input methods merupakan suatu  komponen software yang dapat digunakan oleh user untuk memasukan text dari keyboard. Bahasa yang umumnya digunakan untuk yaitu Jepang, Cina, atau Korea dan menggunakan ribuan karakter yang berbeda – pada keyboard. Namun, kerangka kerja ini juga mendukung metode input untuk bahasa lain dan penggunaan input yang sama sekali mempunyai mekanisme yang berbeda, seperti tulisan tangan atau suara.
  1. Package java.beans
Terdiri dari class yang terkait untuk mengembangkan komponen beans yang berdasarkan arsitektur JavaBeans. Dalam menjalankan aplikasi tak banyak class beans yang digunakan. Sebagai contoh, class event digunakan oleh beans bahwa fire property dan vetoable. Namun, sebagian besar class – class dalam package ini dimaksudkan untuk digunakan oleh bean editor (yaitu, suatu lingkungan pengembangan untuk mengubah dan meletakkan bean untuk membuat aplikasi). Secara khusus, class ini membantu bean editor membuat user interface bahwa user dapat digunakan untuk menyesuaikan bean. Misalnya, bean mungkin berisi properti dari jenis khusus yang bean editor mungkin tidak mengerti bagaimana menangani. Dengan menggunakan interface PropertyEditor, seorang pengembang bean dapat menyediakan seorang editor untuk jenis khusus. Untuk meminimalkan sumber daya yang digunakan oleh beans, class digunakan oleh bean editor dimuat hanya bila bean sedang diedit. Apabila bean sedang dalam aplikasi yang berjalan maka ia tidak digunakan dan karena itu tidak dimuat. Informasi ini disimpan dalam bean-info. Kecuali dinyatakan secara eksplisit, nilai null atau String kosong tanpa parameter berlaku untuk metode dalam package ini.
  1. Package java.io
Menyediakan untuk sistem input dan output melalui data stream, serialisasi dan sistem file. Kecuali dinyatakan lain, melewati sebuah argumen null ke konstruktor atau metode dalam setiap kelas atau interface dalam package ini akan menyebabkan NullPointerException yang akan dibuang.
  1. Package java.lang
Menyediakan class untuk dasar design bahasa pemrograman java. Hal yang terpenting dalam class ini yaitu object, yang merupakan akar dari class tersebut. Type objek yang digunakan yaitu Boolean, Karakter, Integer, Long, Float, dan Double. Sebuah tipe objek Double, misalnya, berisi bidang yang bertipe ganda, mewakili nilai sedemikian rupa sehingga dapat disimpan dalam sebuah variabel bertipe referensi. Class ini juga memberikan beberapa metode untuk mengkonversi nilai primitif, serta mendukung metode standar seperti hashCode. Class math menyediakan fungsi matematika yang umum digunakan seperti sinus, kosinus, dan akar kuadrat. Class String dan StringBuffer juga menyediakan fungsi umum yang digunakan pada operasi string karakter. ClassLoader, Proses, Runtime, SecurityManager, dan Sistem menyediakan “sistem operasi” yang mengelola pembebanan class yang dinamis, penciptaan proses-proses eksternal, pertanyaan lingkungan host seperti waktu, dan penegakan kebijakan keamanan.

  1. Package java.math
Menyediakan class untuk melakukan operasi aritmatika integer (BigInteger) dan aritmatika desimal (BigDecimal). BigInteger merupakan integer asing pada Java maka operasinya pada BigIntegers tidak overflow. Selain operasi aritmatika standar, BigInteger menyediakan fungsi modular arithmetic, GCD calculation, primality testing, prime generation, bit manipulation, dan miscellaneous operations juga beberapa operasi lain-lain. BigDecimal menyediakan bilangan desimal cocok untuk perhitungan mata uang dan sejenisnya. BigDecimal memberikan pengguna kontrol penuh atas perilaku pembulatan, yang memungkinkan user untuk memilih dari delapan set mode pembulatan.
  1. Package java.net
Menyediakan class untuk implementasi aplikasi network. Package java,net dapat dibagi dalam 2 bagian yaitu :
  1. A Low Level API, yang berkaitan dengan masalah berikut :
  • Addresses, yaitu pengidentifikasian jaringan, seperti IP Address.
  • Sockets, yang merupakan dasar mekanisme data dua arah.
  • Interfaces, menggambarkan interface dari jaringan tersebut.
  1. A High Level API, yang berkaitan dengan masalah berikut :
  • URIs, merupakan URI, yang mewakili Universal Resource Identifier.
  • URLs, yang mewakili Universal Resource Locators.
  • Connections, yang merupakan koneksi ke sumber daya yang ditunjukkan oleh URL.
  1. Package java.security
Menyediakan class dan interface untuk keamanan. Hal ini termasuk kelas yang mudah dikonfigurasi akses arsitektur kontrol keamanannya. Package ini juga mendukung generasi dan penyimpanan pasangan kriptografi kunci publik, serta sejumlah operasi kriptografi ekspor termasuk untuk mencerna pesan dan signatures. Akhirnya, package ini menyediakan kelas yang mendukung objek dengan nomor acak. Banyak kelas yang disediakan dalam package ini (kelas kriptografi dan aman nomor acak generator khususnya) adalah penyedia berbasis. Class ini sendiri akan mendefinisikan interface pemrograman aplikasi yang dapat ditulis. Implementasinya sendiri kemudian dapat ditulis oleh pihak ketiga yang independen dan diterapkan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu pengembang aplikasi dapat mengambil keuntungan dari setiap jumlah penyedia implementasi berbasis tanpa harus menambah atau menulis ulang kode.
  1. Package java.sql
Menyediakan API untuk mengakses dan memproses data yang disimpan dalam master data yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java. API ini termasuk kerangka dimana driver yang berbeda dapat diinstal secara dinamis untuk mengakses berbagai sumber data. API JDBCTM diarahkan untuk melewati pernyataan SQL ke dalam database, yang ditetapkannya untuk membaca dan menulis data dari sumber data dengan format tabular. Pembaca / fasilitas penulis, tersedia melalui kelompok javax.sql.RowSet interface, dapat disesuaikan untuk menggunakan dan memperbarui data dari spreadsheet, file flat, atau tabel sumber data lain.
  1. Package java.text
Menyediakan class dan interface untuk menangani masalah text, tanggal, number, dan pesan dalam bahasa pemrograman yang alami. Class ini dapat digunakan untuk format tanggal, nomer, dan pesan, penguraian kalimat, pencarian, mengurutkan data string, iterasi karakter, kata, kalimat dan jeda baris. Package ini terdiri dari 3 group utama dari class dan interface :
  • Classes for iteration over text
  • Classes for formatting and parsing
  • Classes for string collaction
  1. Package java.util
Terdiri dari berbagai macam framework, class – class turunan, fasilitas waktu dan tanggal, internasionalisasi dan banyak utility classes yang lain.
  1. Package java.rmi
Menyediakan RMI Package. RMI adalah Remote Metode Invocation. Sebuah tools yang dapat digunakan untuk membuat virtual mesin pada java. Setiap objek dipanggil dengan cara mengimplementasikan interface Remote. Ketika sebuah objek dipanggil yang disebut “marshalled”, maka objek akan dikirim ke local virtual mesin, yang disebut “unmarchalled”. Ketika telah berakhir hasil dari marshaled pada virtual mesin akan dikirim ke virtual mesin pemanggil.
C Membuat Package
  1. Membuat direktori yang mempresentasikan tempat package yang akan dibuat. Misalnya : D:\Lecture\PBO 2007\Minggu 11\Program\MyPackage\Poligon
  2. Membuat  class (atau interface) yang akan menjadi isi package yang akan dibuat dengan susunan :
// Deklarasi package
Package namepackage;
// Deklarasi class
Public class namakelas {

}
  1. Deklarasi Package
Menggunakan kata kunci package yang ditulis dibaris pertama pada file sumber (.java).
Package namepackage;
Contoh :
  • Package MyPackage;
  • Package MyPackage.Poligon;
Hanya boleh ada satu pernyataan package pada file sumber.
  1. Deklarasi Class
Dinyatakan secara public supaya dapat diakses oleh semua kelas yang berada didalam dan diluar package yang dibuat. Jika ada beberapa class dari file sumber, hanya boleh ada satu class yang dinyatakan secara public yaitu class yang namanya sama dengan file sumber.
  1. Atur variable lingkungan CLASSPATH sehingga menunjuk pada directory tempat dimana package disimpan :
  • Melalui Control Panel.
  • Melalui perintah set path di command line.
SET CLASSPATH = .; D:\Lecture\PBO 2007\Minggu 11\Program;
  • Kompilasi class (atau interface) yang menjadi isi package.
  1. Menggunakan package class yang telah di kompilasi melalui :
Pernyataan import
Import MyPackage.Poligon.*;
Import MyPackage.Poligon.Segiempat;
Nama qualified dari kelas (atau interface)
MyPackage.Poligon.SegiEmpat S;
S = new MyPackage.Poligon.SegiEmpat(17, 8);
Jumat, 19 Oktober 2012 | 1 komentar | Label:

1 komentar:

  1. Anonim
    18 April 2022 pukul 22.38

    Welcome`To`Bagas: Java Package >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Welcome`To`Bagas: Java Package >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Welcome`To`Bagas: Java Package >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 8D

Posting Komentar