twitter


Assalamualaikum Wr.Wb          
        Akhirnya bisa ngeposting juga, setelah tadi laptop saya OVERHEAT dan NETBEANS Saya Di Install Ulang hahahahha... SEDIKIT CURHAT. Oke langsung saja masuk ke dalam pembahasan Bagaimana Cara Menggambar Di Java Dengan AWT? baik kita harus mengetahui apa itu AWT, tapi sebelumnya APA PERBEDAAN SWING DAN AWT?



Dalam membangun objek GUI di Java, Kita bisa menggunakan AWT atau Swing, perbedaan keduanya adalah, bahwa AWT adalah tampilan dasar dari setiap target platform (Windows, Macintosh, Solaris) atau berdiri sesuai dengan mekanisme sebuah platform, seperti slogan Java (Write once run everywhere), hal tersebut bagus untuk sebuah program yang simpel, tetapi menjadi sulit ketika mengimplementasikan sebuah program yang lebih kompleks dan harus sesuai dengan target platform. Setiap User Interface elemen seperti Button, TextField, ScrollBar memiliki tingkah laku (behavior) yang berbeda di setiap platform. Yang lebih parah lagi, AWT User Interface Library memiliki bug yang berbeda di setiap platform, hal ini mengubah slogan Java menjadi (Write once, Debug everywhere).
Maka hadirlah Swing yang menawarkan tampilan yang lebih kaya dan bagus. Swing tidak berdasarkan platform yang dituju tetapi menggunakan metode “Painted” yaitu, setiap User Interface Elemen di Gambar ke dalam window/frame kosong. Sehingga setiap User Interface Elemen akan tampil dan berprilaku sama di setiap platform.
Swing bukan pengganti dari AWT, dan tidak bisa berdiri sendiri, karena setiap program butuh berkomunikasi dengan mekanisme dasar dari target platform seperti Event Handling yang ada di AWT, jadi Swing akan selalu berdampingan dengan AWT.
Sayangnya Swing lebih lambat tampil di layar. Dan ketika User Interface tampak sama di setiap platform, maka juga akan tampak berbeda untuk tampilan standar sebuah platform. Dan Java mengatasinya dengan baik sekali, yaitu Swing menyediakan theme specific (Windows theme, Motif Theme, Ocean Theme), yang bisa disesuaikan dengan platform.
Setelah Anda Membaca APA PERBEDAAN SWING DAN AWT, Mari kita langsung saja menggambar:

1. Langkah Pertama 

Buat Project Di Netbeans Dengan Nama Bebas Seterah Anda,Kalau Saya Di Beri Nama TugasJavaAWT.

2. Lalu Ketikkan Di Netbeans Seperti Di Bawah Ini:


3. Langkah Ketiga Ketik Di dalam Method Paint Berikut Scriptnya :

 
       for (int z = 0; z <= 680; z++) {
            //warna background asal 
            g.setColor(Color.BLUE);
            g.fillRect(0, 0, 800, 600);
            //warna garisnya dan fillnya
            g.setColor(Color.yellow);
            //bikin garis mataharinya
            g.drawLine(100 + z, 67, 240 + z, 67);
            g.drawLine(170 + z, 5, 170 + z, 140);
            g.drawLine(120 + z, 10, 220 + z, 130);
            g.drawLine(220 + z, 10, 120 + z, 130);

            //bikin matahari
            g.fillArc(120 + z, 20, 100, 100, 360, 360);

            //awan
            g.setColor(new Color(0, 144, 255));
            g.fillOval(280 - z + 200, 20, 100, 80);
            g.fillOval(350 - z + 200, 10, 100, 100);
            g.fillOval(425 - z + 200, 20, 100, 80);

            //mengganti warna background awal setelah selesai
            if (z == 680) {
                //warna background
                g.setColor(new Color(8, 4, 88));
                g.fillRect(0, 0, 800, 600);
            }


            //RUMAH
            //atap rumah
            int x[] = {600, 700, 500};
            int y[] = {300, 400, 400};
            g.setColor(new Color(234, 147, 53));
            g.fillPolygon(x, y, 3);
            //tembok rumah
            int a[] = {500, 700, 700, 500};
            int b[] = {400, 400, 500, 500};
            g.setColor(new Color(44, 195, 115));
            g.fillPolygon(a, b, 4);
            //pintu rumah
            int c[] = {570, 630, 630, 570};
            int d[] = {420, 420, 500, 500};
            g.setColor(new Color(234, 147, 53));
            g.fillPolygon(c, d, 4);
            //jendela rumah
            int e[] = {645, 688, 688, 645};
            int f[] = {420, 420, 465, 465};
            g.setColor(Color.WHITE);
            g.fillPolygon(e, f, 4);
            //gagang pintu
            g.setColor(new Color(246, 227, 45));
            g.fillRect(575, 450, 10, 20);
            g.setColor(new Color(234, 147, 53));
            g.fillOval(575, 451, 9, 9);
            g.setColor(new Color(65, 64, 63));
            g.fillOval(577, 462, 5, 5);
            //bikin garis jendela rumah
            g.setColor(Color.black);
            g.drawLine(645, 442, 688, 442);
            g.drawLine(666, 420, 666, 465);
            g.drawLine(645, 420, 645, 465);
            g.drawLine(688, 420, 688, 465);
            g.drawLine(645, 420, 688, 420);
            g.drawLine(645, 465, 688, 465);
            //lantai rumah
            g.setColor(new Color(163, 165, 149));
            g.fillRect(0, 500, 800, 100);
            //jalan rumah
            g.setColor(Color.LIGHT_GRAY);
            g.fillRect(40, 524, 100, 20);
            g.fillRect(200, 524, 100, 20);
            g.fillRect(360, 524, 100, 20);
            g.fillRect(520, 524, 100, 20);
            g.fillRect(680, 524, 100, 20);


            //gambar android
            //tangan kiri
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillRoundRect(100, 420 - 40 - z, 10, 45, 12, 10);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawRoundRect(100, 420 - 40 - z, 10, 45, 12, 10);//membuat efek
            //badan
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillRoundRect(115, 420 - z, 65, 65, 20, 20);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawRoundRect(115, 420 - z, 65, 65, 20, 20);//membuat efek 
            g.drawRoundRect(114, 419 - z, 67, 67, 20, 20);//membuat efek
            //tangan kanan
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillRoundRect(185, 420 - 40 - z, 10, 45, 12, 10);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawRoundRect(185, 420 - 40 - z, 10, 45, 12, 10);//membuat efek
            //kaki kiri
            g.setColor(new Color(255, 153, 51));//warna efek berapi
            g.fillRoundRect(133, 485 - z, 10, 45, 50, 150);//membuat efeknya
            int kki[] = {130, 145, 145, 130};
            int ikk[] = {485 - z, 485 - z, 510 - z, 510 - z};
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillPolygon(kki, ikk, 4);
            g.fillArc(130, 500 - z, 15, 15, 180, 180);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawLine(130, 485 - z, 130, 510 - z);//membuat efek
            g.drawLine(145, 485 - z, 145, 510 - z);//membuat efek
            g.drawArc(130, 500 - z, 15, 15, 180, 180);//membuat efek
            //kaki kanan
            g.setColor(new Color(255, 153, 51));//warna efek berapi
            g.fillRoundRect(153, 485 - z, 10, 45, 50, 150);//membuat efeknya
            int kkk[] = {150, 165, 165, 150};
            int akk[] = {485 - z, 485 - z, 510 - z, 510 - z};
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillPolygon(kkk, akk, 4);
            g.fillArc(150, 500 - z, 15, 15, 180, 180);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawLine(150, 485 - z, 150, 510 - z);//membuat efek
            g.drawLine(165, 485 - z, 165, 510 - z);//membuat efek
            g.drawArc(150, 500 - z, 15, 15, 180, 180);//membuat efek
            //kepala android
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.fillArc(115, 382 - z, 65, 65, -180, -180);
            g.setColor(new Color(228, 235, 228));//warna efek
            g.drawArc(115, 382 - z, 65, 65, -180, -180);//membuat efek
            g.drawLine(115, 415 - z, 180, 415 - z);//membuat efek
            //mata kiri android
            g.setColor(Color.WHITE);
            g.fillArc(130, 392 - z, 8, 8, 360, 360);
            //mata kanan android
            g.fillArc(158, 392 - z, 8, 8, 360, 360);
            //tanduk android
            g.setColor(Color.GREEN);
            g.drawLine(146, 400 - z, 168, 376 - z);
            g.drawLine(146, 400 - z, 130, 376 - z);

            try {
                Thread.sleep(50);
            } catch (InterruptedException ex) {
                System.out.println("Error!");
            }
        }
Screen Awal:

Screen Akhir:

Apabila Anda Ingin Mendownload File TugasJavaAWT.class, Silahkan Klik Gambar di bawah ini:
TugasJavaAWT.class





Apabila Anda Ingin Mendownload FileTugasJavaAWT.JAR, Silahkan Klik Gambar di bawah ini:
Soalganjil.class


Sekian dari saya mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan,karena Anda tidak akan pernah mencapai sukses yang sungguh-sungguh jika anda tidak mencintai apa yang sedang anda lakukan.
apabila terdapat kesalahan mohon beritahu saya lewat komen. Terima Kasih..
Jumat, 19 Oktober 2012 | 3 komentar | Label:

3 komentar:

  1. Unknown
    19 Oktober 2012 pukul 15.12

    sip android nya terbang ke angkasa.. hehehe

  1. Fahmi Aujar Shidiq
    23 Oktober 2012 pukul 03.32

    masbro sangat mantap porgarm nya ! :D

  1. Anonim
    18 April 2022 pukul 22.38

    Welcome`To`Bagas: Menggambar Di Java Dengan Awt >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Welcome`To`Bagas: Menggambar Di Java Dengan Awt >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Welcome`To`Bagas: Menggambar Di Java Dengan Awt >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Pl

Posting Komentar